Friday, April 27, 2018

Wadidaw! Ini Cara Ke Kandang Godzila Naik Angkutan Umum

Semua bermula dari masuk kantor baru (ciegitu) dan langsung diajakkin jalan-jalan ke Kandang Godzila. Gue langsung mikir, "Hah apasih Kandang Godzila ituh?". Setelah searching, waduh bagus! Dan lokasinya deket, cuma di Tangerang Selatan!


Bagus, ya? Dokumen Pribadi, taken with #Sony


Gue langsung excited mau ikut. Too bad, H-1 harus batal😭

Hari-hari selanjutnya gue habiskan dengan searching yang banyak cara ke Kandang Godzila itu naik angkutan umum. Akhirnya dapetlah, untuk kesana, bisa naik kereta ke arah Maja! Terus katanya, dari turun stasiun bisa naik ojek online. Okelah, gue ajak temen2 gue, dan harus kecewa karena banyak yang gak mau pas gue ceritain kalo kesananya naik angkutan umum.

Emang cuma Iis Marya yang setia menemani ke-random-an gue. Terus gue ajak juga Purnama Bahrizal, buat ikutan. Surprisingly, mereka mau! Padahal gue ngajak Jumat malem buat berangkat Sabtu pagi besoknya😁


*****
Awalnya kita janjian jam 9 pagi di Stasiun Tanah Abang. Tapi apa daya, orang Indonesia punyanya jam karet, jadilah sekitar jam 10 kurang dikit, kita baru ngumpul di Stasiun Tanah Abang.

Pindah ke peron paling ujung dari pintu masuk stasiun buat naik kereta yang ke arah Maja. Ternyata lumayan lama nunggu kereta ke arah Maja. Sekitar jam setengah 11, keretanya baru dateng. Gak langsung jalan pula, ngetem dulu. Untungnya dapet duduk~

Hampir jam 11, keretanya baru jalan. Kita bertiga memutuskan untuk turun di Stasiun Tigaraksa. Kalo di Google Maps sih, sebenarnya si Kandang Godzila ini lebih deket dari Stasiun CIkoya ataupun Stasiun Maja. Tapi yaudahlah, kita tetep turun di Tigaraksa karena ngikutin sebuah blog.

Sesampainya di Tigaraksa, sekitar jam 12, kita diserbu sama ojek pangkalan yang langsung nawarin, "Neng ayo ke Tebing Koja. Atau ke Danau Biru". Yup, si Kandang Godzila ini nama aslinya Tebing Koja, dan di deket situ ada juga Danau Biru yang gak kalah hits jadi tujuan para bolangers. Cuma karena ku hanyalh #SobatMiskin, takut kalo naik ojek pangkalan bakal mahal. Jadilah kita bertiga jalan ke arah luar stasiun, siapatau bisa dapet ojk online.

Dari pintu keluar Stasiun Tigaraksa, jalan ke kiri aja, abis itu ngikutin jalan. Ketemu deh jalan agak gede yang kita bertiga pikir sebagai jalan raya. Pas buka aplikasi Gojek dan Grab, KAGAK ADA ARMADANYA, SOB! Langsunglah kita bertiga panik, mau itu motor atau mobil, gak ada penampakkannya di dua aplikasi itu. Wah kacau dibohongin nih sama blog orang😭

Akhirnya si Pur nanya ke warga sekitar, mau ke Tebing Koja naik apa. Dikasitaulah kalo mau kesana bisa naik angkot berwarna setengah putih dan setengah biru-ijo kek kulit telor asin. Oke ketemu caranya bisa naik angkot, permasalahan lainnya adalah kita bertiga gak punya duit cash..... Untungnya agak deket dari pintu luar yang udah di jalan raya dari Stasiun Tigaraksa itu ada Alfamart.

Di Alfamart, kita nanya ke mba kasir yang baik hati, kalo mau ke Tebing Koja itu emang bener naik angkot itu dengan ongkos 3ribu sajah dan turun di perempatan Pala, abis itu bisa naik ojek ke dalemnya atau jalan kaki sekitar 20 menit. "Pas naik angkot, langsung naik aja ke angkot yang lagi ngetem, jangan pake nanya nunggu Grab dimana, nanti pasti diomelin," lanjut mba-mba kasir Alfamart. Alhamdulillah, ada aja orang baik yang bantuin kita.

Tempat si angkot ngetem ini emang deket dari Alfamart. Dan kita bertiga langsung naik aja. Pas nanya ke orang-orang di angkot, mereka gak ada yang tau perempatan Pala itu dimana. Jadilah sepanjang naik angkot, gue buka Google Maps, biar tau harus turun dimana.

Sekitar setengah 1, kita sampe di perempatan Pala, turun, eh ongkosnya per orang 5ribu. Yaudalah ya, terlepas abangnya mahalin ongkos atau gimana, yang penting nyampe. Kita bertiga memutuskan untuk jalan kaki buat sampe ke Tebing Koja. Kita emang biasa jalan, dulunya kita KKN bareng dan kemana-mana juga jalan kaki, jadi sekalian nostalgia pas KKN dulu.

 Pas jalan kaki, pemandangan di kiri-kanan jalan bagus, lho!


Berbekal Google Maps, gue mimpin jalan menuju Tebing Koja. Pas udah mau deket, kita liat spanduk Selamat Datang, ada bocah nyamperin kita, "Teh mau ke tebing, ya? Mau gak teh, ke tebing tapi gak usah bayar? Kalo mau, ikut aku, biar aku anterin". Sayangnya kita takut dan gak percaya sama tuh bocah. Karena di blog yang kita baca, harga tiket masuknya cuma 2ribu, jadi gapapalah ya bayar juga.

Bocah ini nih yang nyamperin kita


Pokoknya sepanjang jalan, si bocah ini ngikutin kita terus. Selalu bilang, "Kalo mau gak bayar, jalan lurus terus aja teh, sampe ujung. Nanti masuk ke tebingnya dari 2 tiang listrik yang dempet,". Again, kita gak percaya. Kan takut ya, kalo tiba-tiba dia nodong supaya kita bayar ke dia.

Buat masuk ke Tebing Koja, ada banyak "pintu masuk". Pertama, sekitar beberapa meter dari spanduk Selamat Datang, pengunjung disuruh bayar "retribusi". Buat motor 5ribu, buat mobil 10ribu. Apakah cuma disitu doang bayarnya? Ohya tentu tidak!

Sekitar beberapa ratus meter lagi, ada yang disebut "pintu 1". Disitulah pengunjung diminta bayar tiket masuk per orang 5ribu. Si bocah yang ngikutin kita teriak-teriak, "Jangan mau teh! Jalan lurus terus aja! Jangan mau!". Yauds daripada membuat keributan, kita jalan lagi ke "pintu 2". Di "pintu 2" ini, si bocah gak lagi ngikutin kita, tapi tetep teriak "Masih lurus, teh! Jalan aja sampe ujung!". Berhubung kita capek, yaudalah masuk dari "pintu 2" ini aja. Ditambah si abang-abangnya bilang, "Lewat sini mah deket, kalo lurus lagi, jalan lagi, jauh lagi".

Harga tiketnya sama, di pintu ini juga 5ribu per orang. Yaudalah dengan wajah bingung, kita masuk deh ke area Tebing Koja.

Pas masuk, kita kebingungan karena tempatnya ternyata luas banget dan kita gak tau dimana sih spot foto yang hits di Instagram ituh????? Kita pilih untuk menjelajah tempat ini dari sebelah kanan. Jadilah kita belok ke kanan dari pintu masuk di "pintu 2".

Setelah jalan beberapa meter, tiba-tiba diberhentiin abang-abang,
"Maaf teh, tadi masuk darimana?"
"Masuk dari sana (nunjuk "pintu 2")"
"Oh kalo mau kesini (ke arah kanan yang sepertinya bagian paling ujung dari Tebing Koja), harus bayar lagi"

Denger begitu, ada ibu-ibu yang sewot,
"Loh kan tadi udh bayar, kok disuruh bayar lagi?"

Si abang-abangnya ngejelasin,
"Kalo yang ini, Tebing Koja. Kalo yang disana-sana (nunjuk "pintu 1" dan "pintu 2") bukan, itu Tebing Kete (kalo gue gak salah denger)"

Lah sianyink, kita dikibulin warga😠. Abang-abangnya pun melanjutkan,
"Kalo masuknya dari Tebing Koja (tebing yang paling ujung dari keseluruhan area ini), buat kesana-sananya lagi, gak perlu bayar, alias gratis".

TERNYATA INITOH MAKSUD SI BOCAH YANG NGIKUTIN KITA BERTIGA! HARUS MASUK DARI UJUNG SUPAYA GAK BAYAR!
Maaf ya dek, kita bertiga udah suudzon😭

Akhirnya bayar 5ribu lagi per orang, buat masuk ke Tebing Koja beneran


Nah, di sinilah kita ketemu spot foto persis kayak yang di instagram!

Taken with #Sony




Sungguh, biar bisa foto begini, rada ngeri takut jatoh....


EAAAA, kayak foto dimane gitu kan :3

Thank you Iis dan Pur! Udah mau random bareng tanpa ngeluh capek dan kepanasan karena jalan kaki


*****
SUMMARY

Jadi, Tebing Koja ini adalah bekas penambangan kapur yang dibiarkan begitu saja. Salah satu tebing kapurnya terlihat seperti Godzila, makanya jadi lebih terkenal dengan sebutan Kandang Godzila. Yang ngelola cuma warga sekitar, bukan pemerintah daerah. Makanya gak usah heran kalo pungli (pungutan liar)nya begitu merajalela. Kayaknya sih, keseluruh Tebing Koja ini dikelola oleh banyak orang, makanya ada banyak pintu masuk dan di setiap pintu masuk dikenakan biaya lagi buat masuk. Meskipun per orang cuma 5ribu, tapi ada sekitar 3 atau mungkin 4 pintu masuk yang ada di sini. Kebayang kan, mesti ngeluarin berapa duit kalo bawa rombongan ke sini.

1. ONGKOS
Karena rumah gue di Depok, gue naik dari Stasiun Depok Lama. Ongkosnya buat sampe turun di Tigaraksa = 9ribu
Naik angkot sampe perempatan Pala = 5ribu
Total buat bolak-balik = CUMA 28RIBU

2. JAJAN
Dari rumah bawa botol minum, tapi abis pas nyampe Tebing Koja. Jajanan di sana murah-murah. Beli es cendol cuma 4ribu, gorengan 14 biji 10ribu, es kacang ijo di dalam plastik cuma 1ribu, aqua gelas cuma 500perak, tahu krispi 5 biji cuma 5 ribu.

3. TIKET MASUK
Kalo pake motor nambah 5ribu, kalo mobil 10ribu. Karena kita jalan kaki, jadi gak dimintain ongkos kendaraan, tapi per orang ngeluarin duit 10ribu.

4. WAKTU TEMPUH
Gue berangkat dari rumah jam 8 pagi. Nyampe Stasiun Tanah Abang sekitar jam 10 kurang. Nyampe di Stasiun Tigaraksa sekitar jam 12. Nyampe di perempatan Pala sekitar jam setengah 1. Jalan kaki dari perempatan Pala ke "pintu 2" kurang lebih 20 menit. Jadi lama perjalanan dari Depok ke Tebing Koja atau Kandang Godzila sekitar 5 jam.
5. ALTERNATIF
Buat kamu yang #SobatMiskin juga tapi gak mau jalan kaki 20 menit, bisa naik ojek online dari jalan raya yang ada di luar Stasiun Tigaraksa. Cuma, nunggunya agak lama, sekitar 15-20 menit, karena emang sedikit armadanya. Harga naik ojek online ke Tebing Koja sekitar 10ribu. Gak mau repot? Naik aja ojek pangkalan, ternyata harganya cuma 15ribu! Ya paling mahal 20ribu lah, kamu tinggal tawar aja!

Sekian, dan Happy Traveling~

No comments:

Post a Comment